Sabtu, 31 Juli 2010

masa kecil yang terlupa

hmm.. kalo saya mencoba nginget masa kecil saya, engga semua hal yg bisa saya inget. bahkan saya sama skali engga bisa inget apa aja yg udah saya alami ketika saya masih bayi hingga usia 3 tahun. sama skali engga ada puingan-puingan (ceilah puingan. haha) ingatan yg terlintas dibenak saya. paling wktu umur 4 tahun, ada sebagian kecil yg bisa saya inget. kira-kira itu kenapa ya bisa gitu ? apa saya mengidap amnesia parsial ? haha (lebay)

tenang-tenang, engga usah khawatir kenapa kita engga bisa inget pengalaman kita waktu bayi. hal ini adalah keadaan normal pada manusia. semua orang dewasa mengalaminya. hal ini karena otak manusia belum berkembang sempurna sampai usia 4 tahun. kejadian dimana orang-orang tidak bisa mengingat pengalamannya sebelum usia empat tahun disebut amnesia kanak-kanak.

otak manusia terdiri dari banyak sel (neuron) yang bertanggung jawab pada ingatan manusia. neuron lalu menyimpan selama sepersekian detik (wuih cepet bener.. subhanallah). agar ingatan tahan lama maka otak memberi kode penyimpanan (biar ga gampang lupa, inget-inget kodenya). kode ingatan dikerjakan dibagian otak yang bernama hipokampus. nah, setelah usia 5 tahun otak mulei berkembang secara sempurna. apalagi kalo kita rajin makan makanan yg bergizi. ahli gizi berpendapat makanan bergizi penting untuk membentuk otak sampai usia 5 tahun. lewat dari usia 5 tahun, makanan bergizi tidak banyak menambah kecerdasan. haha tetep aja, kalo mau cerdas ya belajar..



*shinta*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar