Minggu, 01 Agustus 2010

pelangi melengkung

waktu semester 2 aku pernah liat 2 pelangi rendeng-rendeng. bener-bener bagus, bikin kagum (subhanallah). pelangi tuh munculnya kalo abis ujan ada matahari. sinar matahari tuh sebenernya terdiri dari berbagai sinar (polikromatis) dengan berbagai panjang gelombang. nah, mata manusia itu cuma bisa lihat panjang gelombang tertentu. jadi ga bisa lihat semua panjang gelombang. yaitu sinar matahari yg punya panjang gelombang 7000-4000 amstrong.

mata manusia melihat panjang gelombang ini sebagai berkas sinar berwarna putih. jika sinar putih matahari menembus kaca, maka mata manusia baru bisa lihat sinar matahari terpecah jadi 7 warna. mejikuhibiniu, merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. udara penuh dengan butir-butir air waktu ujan. air mirip butiran kaca yg bening. sinar matahari juga bisa menembus air, sama kaya sinar matahari bisa menembus kaca.

terus kenapa ya pelangi itu bentuknya selalu melengkung ? ko engga lurus aja di langit ?

sinar matahari tidak berjalan lurus saat menembus air. tapi sinar matahari berbelok 42 derajat. alhasil, sinar mejikuhibiniu-nya juga ikutan belok 42 derajat. makanya pelangi yg kita lihat kalo abis ujan itu selalu melengkung.. :DD



*shinta*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar