Kamis, 02 Desember 2010

Chocolate Hills Mirip Chocolate Chips

Ngebayangin makan es krim vanila penuh taburan choco chips, hmmm yummy..
Ternyata kalo kita pergi ke pulau Bohol di Filipina, kita bakal ngeliat choco chips raksasa lho. Tau kenapa?? karena disana ada Chocolate Hills..


Chocolate Hills


Ada daratan seluas 50 kilometer persegi di Pulau Bohol, Filipina. Luasnya kira-kira sama dengan 6.000 kali luas lapangan bola (wuiiiiiiih). Ada sekitar 1.286-1.776 bukit berwarna coklat tengkurap di atasnya. Tingginya rata-rata antara 30-50 meter, tapi ada juga yg nyampe 120 meter. Daerah inilah yg disebut dengan "es krim raksasa bertabur chocolate chips". Daerah ini merupakan daerah wisata yg dikenal dengan nama Chocolate Hills atau bukit cokelat.

Bukit ini merupakan tanah berkapur yg tertutup oleh rumput hijau. Di musim panas, rumput itu meranggas, berubah warnanya menjadi cokelat. Itu sebabnya bukit ini diberi nama bukit cokelat. Menurut ahli geologi, bukit-bukit di Chocolate Hills terbentuk akibat letusan gunung berapi yg memuntahkan batu-batu raksasa. Batu-batu itu kemudian tertutup oleh kapur dan ditumbuhi rumput. Sementara gunung apinya sendiri akhirnya mati. Perkiraan kedua, bukit-bukit itu terbentuk dari sisa-sisa dasar laut yg terangkat oleh cuaca hujan dan angin.

Sagbayan Peak
(tempat asik lainnya buat menikmati keindahan Chocolate Hills)


Lain cerita nih, ada legenda yg menceritakan asal mula terbentuknya Chocolate Hills. Menurut sebuah legenda, bukit-bukit itu adalah bekas pertempuran dua raksasa yg bermusuhan dan saling melempar batu, pasir dan kerikil (adoooh para raksasa ga akur ya ternyata. hha). Legenda lain mengatakan bukit itu merupakan air mata raksasa yg mengering. Raksasa itu menangisi kematian wanita yg dicintainya (ceilah, kaya sinetron ya). Ternyata ga cuma di Indonesia ya ada legenda terbentuknya sebuah daerah kaya danau toba dll, di luar negeri pun ada..



*shinta*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar