Kamis, 09 Desember 2010

Thanet yang Ramah Lingkungan

Kota Thanet terletak di Provinsi Kent, Inggris. Berhadapan dengan Thanet, terbentang samudera luas Selat Inggris. Kota kecil ini sangat menarik karena kita dapat belajar hidup ramah lingkungan. Di kota ini, angin laut bertiup kencang sepanjang hari. Pemerintah pun lantas memanfaatkannya untuk pembangkit listrik tenaga angin (PLTA) dengan nama Thanet Wind Farm.

Dari Pantai Foreness Point, kincir-kincir angin raksasa tampak berputar perlahan-lahan seperti baling-baling mainan, karena letak PLTA Thanet Wind Farm ini memang lumayan jauh, sekitar 12 kilometer dari garis pantai. Tetapi kalau kita dekati dengan kapal, menara serta kincir-kincir ini tingginya 115 meter di atas permukaan laut dan ditancapkan kelaut sedalam 25 meter (uwoooooow jadi tinggi menara kincir ini sebenarnya 140 meter. tinggiiiiiiiiii banget).



Kincir-kincir raksasa di Thanet Wind Farm

Saat ini, Thanet Wind Farm merupakan PLTA lepas pantai terbesar di dunia. Jumlah menara kincir angin disini ada 100 buah dan mampu menghasilkan listrik sebesar 300 megawatt atau 300.00.00 watt (uwoooooooow, kalau setiap rumah menggunakan listrik 1.200 watt Thanet Wind Farm bisa mengaliri 250.000 rumah. subhanallah ^^)

Pantai di Thanet
Ini yang saya paling suka kalau membuat postingan tentang tempat-tempat yang unik, pantai. Pantai-pantai di Thanet sangat indah. Hebatnya, pantai-pantai itu benar-benar dirawat dengan baik sehingga sangat bersih dan aman serta nyaman dikunjungi (jadi pengen kesana). Bahkan tahun ini, 9 pantai di Thanet mendapat penghargaan Blue Flags.

Blue Flags adalah penghargaan tertinggi untuk pengelolaan pantai yang ramah lingkungan. 9 pantai tersebut adalah Minnis Bay, St. Mildred's Bay dan West Bay di Westgate, Botany Bay dan Joss Bay, Ramsgate Main Sands, West Brook Bay, Margate Main Sands dan Stone Bay di Broadstairs.

Minnis Bay


St. Mildred's Bay


West Bay


Botany Bay


Joss Bay


Ramsgate Main Sands


Margate Main Sands


Stone Bay


West Brook Bay

Penghargaan Blue Flags hanya diberikan kepada pantai yang dikelola dengan baik berdasarkan standar tertentu, seperti kebersihan lingkungan, kualitas air, kelengkapan fasilitas, keamanan, cara pengelolaan serta program pendidikan ramah lingkungan yang dijalankan di tempat itu.

huwaaaaaaaaaa, bener-bener ngiler liat pantainya. Indah, bersih dan bagus banget. Semoga suatu saat dapat rezeki buat mengunjungi salah satu dari 9 pantai indah di Thanet. Amin ya Allah ^^



*shinta*

2 komentar:

  1. wish someday i can visit this place..
    amiin
    keren tempat2nya

    BalasHapus
  2. amin ya Allah..
    yuk nabung yuuuk, biar bisa pergi ksana :)
    what a beautiful beach kan?

    BalasHapus