Senin, 27 Juni 2011

Kuskus Beruang Sodaranya Kangguru

Kuskus Beruang adalah anggota daro genus Ailurops. Kuskus Beruang adalah hewan marsupial (hewan berkantung) dan dari keluarga Phalangeridae. Kuskus Beruang masih kerabat dari kangguru, mereka berasal dari ordo yg sama yaitu Diprotodontia.

Kuskus Beruang adalah marsupial arboreal yang hidup di kanopi hutan hujan tropis. Hewan arboreal artinya, hewan yg tinggal di pepohonan. Pohon-pohon tempat tinggal kuskus beruang tingginya sekitar 400 meter!!

Kuskus Beruang hanya ditemukan di beberapa pulau di Indonesia, yakni di Sulawesi, Kepulauan Togian, Pulau Peleng dan Kepulauan Talaud. Di Sulawesi Kuskus Beruang disebut kuse. Saat ini kuskus beruang terancam punah karena perburuan. Apalagi kuskus beruang betina hanya beranak 1 sampai 2 kali setahun.

Kuskus beruang berpindah dari pohon yg satu ke pohon yg lain dengan ekor prehensil. Ekor itu dapat mencengkram benda. saat berpindah pohon, ekor kuskus beruang melilit di dahan pohon.

Kuskus beruang ini lain dengan kuskus-kuskus lainnya. Kuskus-kuskus yg lain adalah hewan yg aktif di malam hari atau noktural. Namun, kuskus beruang ini aktif di siang hari atau diurnal dengan mata bulat bundar. Meskipun diurnal, kuskus beruang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. zzzz



Nama latin : Ailurops ursinus.
Warna bulunya hitam, abu-abu dan coklat
Panjang kepala sampai badan 56 cm
Panjang ekornya 54-58 cm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar