Senin, 27 Juni 2011

Warna Warni Scarlet Macaw

Macaw Scarlet ini berasal dari Amerika latin, kebanyakan berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Selatan. Memiliki panjang tubuh antara 80–95 cm, panjang tubuhnya hanya separoh dari panjang ekornya. Tidak ada perbedaan yang menyolok antara jantan dan betina, yang membedakan adalah Macaw jantan ekornya lebih panjang dari Macaw betina. Warna bulunya didominasi warna merah, sedangkan bagian matanya berwarna putih.


Burung macaw ini banyak terlihat tinggal di hutan-hutan bagian tengah dan selatan Amerika. Hutan-hutan tropis yg menghijau sepanjang tahun, tempat yg kaya akan makanan kesukaan para macaw, Biji-bijian, nektar, buah-buahan termasuk buah-buahan mentah yg tidak dimakan oleh hewan lain. Lebih unik lagi, macaw suka makan tanah liat dari sungai. Sepertinya tanah liat yg dikonsumsi ini dapat mengatasi racun yg terdapat pada buah-buahan mentah yg mereka makan.


Hewan setia
^^
Macaw ini hewan yg setia, karena macaw hanya "menikah" sekali seumur hidup. Begitu mereka berpasangan, istilahnya sih ya hanya maut yg memisahkan mereka. hahaha
Jika salah satu mati, biasanya yg satu lagi juga ikutan mati tidak lama kemudian. Macaw betina bisa bertelur 1-20 buah/tahun. Telur-telur itu mereka taruh di sarang yg dibuat di pohon yg tinggi.
Macaw betina biasanya mengerami telurnya selama 24-25 hari. Setelah menetas, anak macaw akan mendapat perawatan dari kedua induknya sampai usia 2 tahun. Setelah itu mereka lalu pergi dari sarang.


Keindahan bulu macaw yg berwarna-warni membuat banyak manusia yg ingin memeliharanya. Jumlah macaw sekarang ini semakin sedikit. Terlebih lagi tempat yg baru belum tentu cocok dengan macaw itu, hal ini bisa mempercepat kepunahan macaw.


Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Aves
Ordo: Psittaciformes
Familia: Psittacidae
Subfamilia: Psittacinae
Genus: Ara
Spesies: Ara macao

Tidak ada komentar:

Posting Komentar